Lattice Icon Preloader

Lattice Teknologi Mandiri

Technology

Revolusi Industri 4.0: Transformasi Bisnis Modern

Revolusi Industri 4.0: Transformasi Bisnis Modern
| By Rizkar Maulana Andin

Industri 4.0 adalah Industri yang membuat integrasi antara mesin, alat elektronik, dan sistem lain secara real time menggunakan komputasi dan IoT (Internet of Things). Integrasi tersebut jika diterapkan dalam Industri, dapat meningkatkan kualitas, hasil dan produktifitas suatu Industri.

Apa saja manfaat Industri 4.0?

  • Menghadirkan inovasi dari pengoptimalan rantai pasok, mengubah proses bisnis menjadi lebih efektif, dan meningkatkan kinerja bisnis
  • Operasional yang lebih efisien. JIka dihubungkan dengan OEE, maka status down time akan lebih teratur dan efektif, dan membuat produksi meningkat. Contohnya: Pergantian batch yang lebih cepat, proses automasi tracing, dan automasi report.
  • Menghasilkan produk dan layanan yang lebih baik
  • Cost Friendly akan menghemat biaya dalam waktu jangka panjang
  • Meningkatkan pendapataan atau margin. Dikarenakan operasional berjalan efektif dan cost firendly, maka anda akan mendapat untung lebih banyak sebagai perusahaan.

Transformasi Bisnis di era Industri 4.0

Dalam Industri 4.0, kemudahan promosi dan layanan menjadi lebih mudah menggunakan berbagai macam platform. Dari pembayaran menggunakan e-wallet hingga proses logistic yang aman dan terkontrol. Hal ini membuat beberapa Industri baru bermunculan dari dalam bentuk layanan hingga produk.

Hanya saja pemanfaatan teknologi ini di Indonesia belum merata, dikarenakan beberapa kendala seperti, SDM yang belum dibekali training mengenai teknologi belum tersebar secara merata. Sehingga penerapannya akan sulit dan kasusnya bisa dari penipuan hingga kesalahan implementasi, dikarenakan literature yang rendah.

Strategi apa saja yang harus di implementasikan oleh Industri atau pelaku UMKM?

  • Menetapkan visi dan tujuan transformasi bisnis kea rah Industri 4.0
  • Menetapkan solusi apa yang cocok untuk diterapkan dalam implementasi Industri 4.0
  • Membuat rencana perubahan dan adaptasi terhadap industry 4.0
  • Membuat pelatihan dan pengembangan SDM agar dapat berkompetisi di Industri 4.0
  • Dan yang terakhir adalah mengevaluasi seberapa berhasil membuat bisnis anda ke Industri 4.0

Potensi industri 4.0 sangat besar untuk dimplementasikan, selain meningkatkan operasional bisnis transformasi bisnis kearah modernisasi, hal ini juga membuat pelaku bisnis membuat inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan daya saingnya. Untuk mencapai keberhasilan dalam implementasinya, membutuhkan persiapan dan strategi yang matang agar mencapai tujuan di era bisnis modern ini.

Masing bingung bagaimana implementasi dan integrasikan bisnis anda kearah Industri 4.0? Konsultasikan bersama kami! Klik disini untuk konsultasi

Related Blogs

Categories
Social Media
Whatsapp Us