Lattice Icon Preloader

Lattice Teknologi Mandiri

Technology

Mengenal Apa Itu IOT

Mengenal Apa Itu IOT
| By Adnan Fauzi

Internet Of Things atau yang biasa kita kenal dengan IOT adalah istilah yang sering kita dengar. Tetapi banyak dari kita yang tidak tau apa sih IOT itu? dan apa kelebihan dan kekurangan IOT. Oleh karena itu, di dalam article yang satu ini saya akan memaparkan semua yang saya tau mengenai IOT, yang diharapkan bermanfaat untuk para pembaca yang baru mengenal apa itu IOT.


Pengertian IOT

        Internet Of Things (IOT) adalah suatu konsep, yang memiliki tujuan untuk memperluas manfaat konektivitas internet yang tersambung pada suatu objek secara terus menerus. Dengan konektivitas internet ini, kita dapat secara terus menerus mengirim informasi pada suatu objek yang dapat digunakan untuk berbagai aktifitas seperti berbagi data, remote Control, dan berbagai hal lainnya.


Cara kerja IOT

Saya akan memberikan sebuah kasus, untuk menjelaskan bagaimana cara kerja Internet of Things (IOT). Pembaca pasti pernah mengalami suatu kejadian, dimana pembaca sedang terburu buru untuk pergi dan di dalam perjalanan pembaca ingat kalau pembaca belum mengunci pintu rumah dan belum menyalakan lampu untuk malam hari, tentu pembaca tidak akan kembali kerumah untuk mengunci pintu dan menyalakan lampu dikarenakan pembaca sedang terburu buru dengan suatu hal yang lebih penting.


Nah dengan IOT, kita dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mudah. Kita hanya perlu mengeluarkan smartphone kita atau perangkat apapun yang terhubung dengan internet (Handphone jadul / Laptop). Lalu menggunakan smartphone tersebut, kita akan mengirim pesan yang akan diterima oleh Perangkat IOT dan Perangkat IOT akan memberikan perintah kepada modul selonoid doorlock/servo untuk menggerakan kunci dan akhirnya pintu akan tertutup. Begitu pula dengan kasus lampu dan yang lainnya akan melalui alur proses yang sama.


Kelebihan dan Kekurangan IOT

Kelebihan dan kekurangan IOT sebagai berikut.

Kelebihan:

  1. Mempermudah pekerjaan
  2. Mengurangi limbah
  3. Optimalisasi Teknologi
  4. Meningkatkan keterlibatan pengguna
  5. Meningkatkan kenyamanan pengguna
  6. Enchanced Data Collection


Kekurangan:

  1. Keamanan lebih rentan
  2. Mengurangi Privasi pengguna
  3. Menyisihkan orang orang yang tidak dapat beradaptasi kemajuan teknologi
  4. Biaya pemeliharaan mahal
  5. Tidak fleksibel
  6. Sulit dipahami oleh orang orang

   

Masih banyak informasi mengenai IOT, yang tidak di dituliskan dan saya berharap agar pembaca menggalih lebih dalam lagi informasi dari berbagai article agar pembaca dapat lebih memahami mengenai IOT. Sekian article kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan terima kasih.

Related Blogs

Categories
Social Media
Whatsapp Us