Bagaimana IoT Berkembang di Lingkungan Industri?

17 Sep 2019
Bagaimana IoT Berkembang di Lingkungan Industri?

Bagaimana IoT Berkembang di Lingkungan Industri?

iot
internet of things
revolusi industri
4.0
iiot

17 Sep 2019
848

Bagaimana IoT Berkembang di Lingkungan Industri?

"Didasarkan pada IoT, Industri Internet of Things (IIoT) bertindak sebagai katalis untuk mempercepat perkembangan industry pada revolusi dalam Industri 4.0. Pada saat itu, ketika IoT memiliki dampak yang signifikan dan mempengaruhi perilaku konsumen global, IIoT mengubah cara dan fungsi industri. Meskipun IoT dan IIoT lahir dari ibu yang sama, mereka ditakdirkan untuk memainkan peran yang berbeda di dunia digital ini. "
Momentum di balik ekosistem Internet of Things (IoT) adalah pragmatis dan mempesona. Lanskap komunikasi yang akan datang di tengah-tengah sensor nirkabel, GPS, dan sistem kontrol yang real-time sedang merevolusi perilaku konsumen global serta industri di seluruh dunia.
Di satu sisi, di mana IoT memungkinkan konsumen untuk mengambil manfaat dari revolusi digital yang meluas, Industrial Internet of Things (IIoT) memfasilitasi komunikasi mesin-ke-mesin (M2M) yang menguntungkan industri di seluruh sektor.
Ini adalah awal dari era di bidang IPv6 (Protokol Internet versi 6). (IPv6 ditingkatkan ke alamat IP unik 128-bit untuk perluasan ruang, menjadikan IoT fungsional.)
Segera, semua yang dapat terhubung akan terhubung. Studi Gartner tentang memimpin dunia yang terhubung memperkirakan bahwa hal-hal yang terhubung internet akan melebihi jumlah manusia dengan perbandingan empat banding satu.

Internet of (Every) Things (IoT)
Menanamkan fenomena  kecerdasan sekitar untuk perangkat yang digunakan untuk mengukur, memantau, dan menguasai dunia fisik dengan proses berbasis cloud didefinisikan sebagai Internet of Things (IoT). Para pemimpin industri dan pakar teknologi saat ini merangkul semua peluang IoT potensial dalam organisasi dengan prioritas. Ada pergeseran fokus yang menarik dari visibilitas, efisiensi operasional, dan produktivitas untuk mendorong inovasi dalam model bisnis hibrida.
Rumah pintar, sistem keamanan pintar, alat pelacak real-time, dan sistem pemantauan, pabrik yang terhubung, sarung tangan pintar, cermin pintar, perangkat pintar yang dapat dipakai, dll. Adalah beberapa contoh IoT.

IoT adalah salah satu komponen pendukung jalannya Industry 4.0          
Menerapkan IoT di perusahaan skala besar untuk aplikasi industri adalah upaya kompleks yang melibatkan integrasi (penggabungan) teknologi seperti Manchine Learning (ML), Big Data, komunikasi mesin-ke-mesin (M2M), kecerdasan buatan (AI), cloud, robot, dan otomatisasi. Digitalisasi, jaringan nirkabel, dan sensor otomatis yang mengatur jalannya proses operasional dan manufaktur untuk membentuk Industrial Internet of Things (IIoT). IIoT telah membawa kita ke revolusi industri keempat (Industri 4.0). Ini akan membuka wawasan terhadap dunia dan fungsi rasa ingin tahu untuk perusahaan.
Misalnya - IIoT di bidang manufaktur dapat membangun pabrik pintar, manajemen fasilitas, memantau aliran produksi, manajemen inventaris, pengujian kualitas prediktif dan proaktif, keselamatan dan keamanan, optimalisasi gudang, dan manajemen rantai pasokan.

Keuntungan dari IIoT
Dari sudut pandang pengembalian bisnis, Anda dapat berharap bahwa IIoT mendorong tulang punggung ekonomi global. Selama beberapa dekade terakhir, kemajuan dalam perangkat keras, akses jarak jauh, big data analitik, cloud dan manchine learning telah memperkuat otomatisasi industri. Suatu organisasi dapat mencari manfaat internal, eksternal, dan kolektif berikut sebagai hasilnya.

IoT dan IIoT - Sebuah Analisis Komparatif
Mereka yang kurang informasi tentang IoT dan IIoT sering mengaitkan akronim yang tampaknya serupa ini. Namun, sebaliknya, ini adalah dua teknologi paralel dengan protokol standar yang sama yaitu konsep mereka yang sering dipinjam satu sama lain. Mereka mungkin memiliki antarmuka, kecerdasan, dan ketangkasan yang sama tetapi memiliki proses operasional, prinsip, pengguna, dan tujuan yang berbeda. Mari kita lihat perbedaanya secara detail.

  • Utilitas — Konsumsi vs. Output

IoT membantu mengoptimalkan konsumsi, menonjolkan kenyamanan pribadi, dan mengendalikan pengeluaran, sementara IIoT bertujuan untuk mencapai efisiensi maksimum dan memperlancar alur kerja dalam setiap proses atau unit.

  • Aplikasi — Penggunaan Pribadi vs. Produksi

IoT digunakan untuk mengotomatisasi proses rumah tangga sehari-hari, sementara penerapan IIoT digunakan di sekitar pemantauan produksi dan parameter lingkungan bisnis.

  • Dampak — Revolusi vs Evolusi

Teknologi di balik IoT bukanlah hal baru tetapi penerapannya di pasar konsumen dan komersial adalah revolusioner, sedangkan, IIoT, yang telah berevolusi dengan bantuan IoT, memungkinkan industri melakukan bootstrap pada lapisan digital dalam ekosistem mereka.

  • Life Support — Internal vs Diatur Vendor

Vendor solusi IoT Anda dapat melakukan servis untuk perangkat IoT Anda, tetapi, solusi Industrial IoT memerlukan kemampuan internal untuk mempertahankan siklus hidupnya untuk resolusi yang cepat. Ini melibatkan penggantian sensor, peningkatan firmware, gateway, dan konfigurasi server untuk menghindari hilangnya kemampuan operasional.

  • Otomasi — Terbatas vs Tidak Ada Manusia

Solusi IoT memerlukan kemampuan pembelajaran yang dapat diprogram dalam desain sistem untuk mengintegrasikan kontrol dan logika otomatisasi di gateway dengan sistem eksekusi produksi baru. Arsitektur IIoT dibangun untuk memenuhi kebutuhan latensi rendah dalam menangani kegagalan atau malfungsi dan harus segera merutekan kembali ke sistem cadangan secara mandiri.

  • Keandalan - Fleksibel vs Latensi Rendah

IoT yang digunakan untuk mengaktifkan peralatan Industri harus dapat bertahan padab lingkungan yang ekstrim seperti dari suhu, tekanan volume, gerakan harmonis, dll di lokasi yang jauh. Mereka harus tahan terhadap siklus tugas yang berat dalam toleransi dan beroperasi dengan andal selama beberapa dekade.

  • Privasi - Advance vs. Kuat

Dari arsitektur sistem yang terenkripsi dan gesit, chipset khusus, deteksi ancaman hingga otentikasi dalam proses manajemen, solusi IIoT memerlukan sejumlah langkah-langkah keamanan untuk manajemen sistemnya.

  • Interoperabilitas - Nodal vs Multidimensional

IIoT berkembang dengan standar terbuka yang membuka jalan bagi teknologi yang mengganggu, inovasi yang berbiaya rendah, dan kemudahan bagi penggunaan. Pandangannya adalah untuk mengintegrasikan lingkungan kerja yang sinkron dengan berbagai protokol, set data, sistem ERP, dan teknologi operations technologies (OT), termasuk SCADA, M2M, dan lainnya.

  • Skalabilitas — Terbatas vs Skala Besar

Jaringan IIoT yang tersebar luas dari pengontrol, robot, permesinan, dan aplikasi turunan utilitas lainnya dalam ketentuan organisasi ribuan sensor baru dan menempatkan perangkat non-IoT.Seperti Penjadwalan skala jaringan, pengumpulan data, analisis, interoperabilitas, integrasi alur kerja, pengambilan keputusan, dan integrasi dengan sistem manufaktur dan berorientasi bisnis.

Pemahaman umum tentang IoT dan IIoT berbicara tentang konsep yang sama. Namun, setelah memahami perbedaan yang disebutkan di atas, kita dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa kedua teknologi ini dimaksudkan untuk memainkan peran yang berbeda. Tujuannya bisa sama untuk IoT dan IIoT, tetapi ada perbedaan besar dalam desain, teknik, dan dalam lingkungan di mana teknologi ini dimaksudkan untuk diimplementasikan.

Sumber: kelltontech.com

Articles that you might be interested

Huawei Sebut Indonesia Masih Butuh 5 Tahun Lagi Untuk Penerapan IOT

Huawei Sebut Indonesia Masih Butuh 5 Tahun Lagi Untuk Penerapan IOT

iot
internet of things
berita
teknologi
22 Mar 2019
315

Kemajuan teknologi yang semakin pesat mendorong negara-negara...

Kiat Menghadapi Revolusi Industri 4.0 ala AGIT

Kiat Menghadapi Revolusi Industri 4.0 ala AGIT

iot
internet of things
revolusi industri
4.0
teknologi
infomasi
02 Sep 2019
532

Jakarta - Cepatnya perkembangan teknologi yan...

IoT Bukan Ancaman Bagi Pekerja

IoT Bukan Ancaman Bagi Pekerja

iot
internet of things
teknologi
informasi
05 Sep 2019
182
Mengenal Apa Itu IOT

Mengenal Apa Itu IOT

iot
internet of things
teknologi
informasi
12 Sep 2019
475