Lattice Icon Preloader

Lattice Teknologi Mandiri

Technology

Digitalisasi UMKM: Pengembangan Potensi Bisnis

Digitalisasi UMKM: Pengembangan Potensi Bisnis
| By Rizkar Maulana Andin

Pada era digitalisasi ini banyak pengusahan dan industry yang mengubah konsep bisnisnnya, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Banyak masyarakat yang semakin terhubung secara digital membuka peluang usaha untuk berkembang. Salah satu contohnya adalah pedagang buah yang kini sudah bisa berjualan online menggunakan platform e-commerce dan logistik online.

Digitalisasi mengacu pada penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi, kemudahan dan daya saing untuk berbisnis. Dalam UMKM digitalisasi mencakup penggunaan internet, media sosial, Software bisnis/accounting, dan platform e-commerce. Dengan menggunakan teknologi tersebut pengusaha kelas UMKM mampu mengoptimalkan bisnis proses mereka.

Digitalisasi sendiri selain itu memberikan beberapa manfaat bagi UMKM, yaitu:

Meningkatkan Brand awareness dan pasar

Dengan adanya UMKM di situs web atau media social, para UMKM dapat mencapai peluang pasar yang lebih luas, sesuai segmentasi pasar mereka.

Efisisensi Operasional

Pada era digitalisasi ini sudah banyak software yang mendukung UMKM untuk mengelola bisnisnya, mulai dari akunting, intentaris, logistic hingga produksi. Automatisasi proses ini membantu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas apalagi dalam jangka panjang

Meningkatnya Engagement Rate dengan customer

Dengan adanya platform digital seperti media social atau e-commerce. Memungkinkan para pengusaha UMKM berinteraksi dengan customer sehingga memiliki keunggulan mengetahui keinginan customer mereka.

Membuka peluang lebih luas untuk eksplorasi pasar

Dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi ini, memberikan potensi besar untuk pertumbuhan bisnisnya.


Walaupun digitalisasi ini memberikan banyak manfaat dan keuntungan pada pengusaha UMKM, digitalisasi ini juga memberikan tantangan untuk mengimplementasikannya, seperti:

Keterbatasan sumber daya

Banyak UMKM yang mempunyai kendala dalam sumber dayanya, baik itu secara dana atau pun tenaga.

Keamanan Data

Karena mudahnya akses internet di era digitalisasi ini, sehingga banyak pengusaha UMKM yang lengah dengan peretasan data.

Persaingan yang ketat

DIkarenakan kemudahan tersebut, banyak ide atau inovasi baru UMKM untuk mencapai pasarnya. Untuk berhasil bersaing para pengusaha  UMKM harus memiliki strategi pasar yang baik


Lantas bagaimana langkah, agar UMKM dapat berhasil dan bersaing untuk mengimplementasikan Digitalisasi ini? Langkah yang baik untuk tumbuh dan berkembang di era digitalisasi ini, antara lain:

Perencanaan Strategis

Sebelum memulai implementasi digitalisasi, para pengusaha UMKM perlu memiliki rencana strategis dan matang. Salah satunya dengan meneteapkan rencana jangka pendek dan jangka panjang, untuk mengidentifikasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhannya

Pelatihan dan pengembangan

UMKM perlu memastikan bahwa staff dan teamnya memiliki keterampilan untuk mengelola teknologi digital. Melalui pelatihan dan pengembangan, staff dan team dapat menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan teknis

Investasi dalam keamanan data

ini penting dikarenakan dalam era digitalisasi ini tingkat kepercayaan pelanggan berkurang, dikarenakan keamanan data yang kurang, sehingga menjadi ragu untuk mempercayai suatu bisnis

Kerjasama dengan platform bisnis dan produksi

UMKM dapat mencari kemitraan dengan platform e-commerce, atau bahkan platform yang berfokus pada pengembangan UMKM. Kolaborasi ini selain dapat membantu menjangkau konsumen yang lebih banyak, hal ini dapat juga membantu mengingkatkan efektifitas produksi sehingga pekerjaan lebih efisien.


Digitalisasi merupakan langkah yang penting untuk pertumbuhan UMKM. Melalui penerapan yang tepat, para pengusaha UMKM dapat mengembangkan usahanya. Meskipun tantangan yang diberikan cukup sulit, dengan perencanaan yang matang, para pengusaha UMKM dapat meraih potensi penuhdari revolusi digital dan mencapai kesuksesan berkelanjutan.

Related Blogs

Categories
Social Media
Whatsapp Us